HeadlineNasionalPendidikan

KPP SKSG UI Himpun Kekuatan Hadapi Peluang dan Peyelenggaraan Pendidikan

Dies Natalis KPP SKSG UI ke-20

Jakarta, Sinergitas.id-Dalam rangka memperingati Dies Natalis yang  ke 20, Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan Webinar Series pada tanggal 2-4 Juni 2021. Kegiatan Webinar Series ini dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama dan kedua dilaksanakan secara daring, dan hari ketiga dilaksanakan secara hybrid, yaitu ada kegiatan pertemuan terbatas yang memperhatikan protokol kesehatan dan sekaligus disinkronisasi dengan kegiatan secara daring. Kegiatan puncak pada hari ketiga berlokasi di Universitas Indonesia, Gedung IASTH, lt 5, Jl Salemba, Jakarta Pusat, Rabu, (2/6/2021).

“Kegiatan ini penting dilakukan dalam rangka memberikan kilas balik terhadap waktu-waktu yang telah berlalu dan mengumpulkan kekuatan-kekuatan baru dalam menghadapi peluang dan tantangan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada masa mendatang,” ujar Ketua Panitia Dies Natalis Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia, Dr. Lita Sari Barus, S.T., M.Si.

Sementara itu, Ketua Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia, Dr. Chotib Hasan menyampaikan harapannya agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara yang didukung oleh segenap dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, alumni, dan mitra kerjasama.

“Salah satu problem dalam pengembangan perkotaan adalah kesulitan dalam melakukan koordinasi antar sektor-sektor pembangunan dan penyelesaian masalah yang hanya dilakukan dengan pendekatan-pendekatan disiplin ilmu yang terkotak-kotak. Oleh karena itu diperlukan strategi pengembangan kota secara multidisiplin, sebagai tema besar kegiatan ini. Adapun pembahasan tersebut dilaksanakan kali ini dalam 3 pertemuan,” ungkap Chotib saat memberikan sambutan pada acara Webinar dies Natalis KPP SKSG UI ke-20.

Petemuan pertama pada Rabu, (2/6/2021) secara daring dipimpin oleh Dr. Renny Nurhasanah, mengangkat subtema Profil Perkotaan Indonesia dalam Perspektif Kesehatan dan Lingkungan. Keadaan kesehatan masyarakat yang pada mulanya lebih berfokus pada kuratif dan rehabilitatif (pengobatan) bergeser menjadi penekanan pada aspek promotif dan preventif dengan tujuan mencegah penyakit datang.

“Perubahan pemikiran untuk mengedepankan pendekatan kesehatan dalam pengembangan kota kedepan merupakan hal yang harus dilakukan pemerintah daerah, swasta bekerjasama dengan masyarakat perkotaan kedepannya. Profil kota yang telah mengedepankan aspek kesehatan antara lain, Kota Depok, Jawa Barat, telah mendapat penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara bersama dengan 88 kabupaten/kota lain se-Indonesia,” ujar Renny Nurhasana dalam acara webinar.

Selain itu, pengembangan kota dan wilayah yang mengadaptasikan diri di masa pandemi ini juga harus dilandasi dengan aspek lingkungan. Kesehatan dan lingkungan sangat berkaitan. Aspek lingkungan dalam profil perkotaan terlihat dari Konsep Kota Hijau yang tertuang dalam suatu program yaitu Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Kementerian PUPR bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota guna mewujudkan terbentuknya sebuah ruang kota yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan melalui suatu perencanaan yang baik. Pertemuan ini dibuka oleh Bapak Athor Subroto, Ph.D, Direktur SKSG, UI. Pembicara pada pertemuan ini antara lain Prof. Purnawan Junadi, Ph.D, Kadinkes Kota Depok: Ibu Novarita, dan Dr. Rudy P. Tambunan. Pembahas oleh Prof. dr. Alex Papilaya, DTPH dan Dr. Yayat Supriatna, MSP. Moderator oleh Dr. Chotib Hasan, Kaprodi KPP, SKSG, UI. (*)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button