HeadlineNasionalPendidikan

Ketua ILUNI SPs, Dr. Audrey G. Tangkudung: Kampus Harus Inovatif dan Kolaboratif

Jakarta, Sinergitas.id-Dimasa sekarang dan ke depan dunia pendidikan memiliki tantangan yang tidak mudah. Dunia pendidikan seperti kampus harus berani inovatif dalam menjawab tantangan jaman yang begitu cepat berubah. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Ikatan alumni Universitas Indonesia Sekolah Pascasarajana (ILUNI SPs), Dr. Audrey G. Tangkudung M.Si, pada acara Dies Natalis yang ke-20, Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan Webinar Series, dengan tema “Strategi Pengembangan Kota Secara Multidisiplin” pada Rabu, (2/6/2021).

“Dua tahun lalu, kami sempat berkumpul dan membicarakan pendidikan dengan pola pembelajaran jarak jauh. Namun kini pola pembelajaran atau perkuliahan jarak jauh dilakukan di semua fakultas. Tidak hanya di Universitas Indonesia, tapi hampir di seluruh kampus di Indonesia,” ujar Dr. Audrey G Tangkudung dalam webinar Serie 1, Dies Natalis yang ke-20.

Menurutnya, hal tersebut merupakan inovasi yang pada saat itu di mana belum merebak virus Corona di Indonesia bahkan di dunia. Inovasi yang digagas pada waktu itu bersama Dr. Chotib Hasan, Dr. Renny Nurhasana dan beberapa dosen lainnya mengenai perkuliahan jarak jauh.

Selain itu, kampus juga perlu bekerjasama dengan pihak lainnya seperti para kepala daerah. Hal tersebut merupakan kolaborasi dalam pengejawantahan ilmu yang didapatkan di dunia pendidikan. “Bekerjasama dengan para kepala daerah diperlukan untuk membangun daerah dan Negara Indonesia. Untuk itu dalam acara Dies Natalis KPP ke-20 ini, saya mengundang dan mengajak para kepala daerah untuk memberikan pengalaman selama ini,” tambah Dr. Audrey G. Tangkundung.

Seperti diketahui, kegiatan Webinar Series ini dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama dan kedua dilaksanakan secara daring, dan hari ketiga dilaksanakan secara hybrid, yaitu ada kegiatan pertemuan terbatas yang memperhatikan protokol kesehatan dan sekaligus disinkronisasi dengan kegiatan secara daring. Kegiatan puncak pada hari ketiga berlokasi di Universitas Indonesia, Gedung IASTH, lt 5, Jl Salemba, Jakarta Pusat, Rabu, (2/6/2021) akan dihadiri Menteri Agraria danTata Ruang/BPN Republik Indonesia, Dr. Sofyan Djalil dan Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. (*)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button