BeritaHeadlineNasionalUncategorized

Kapolres Merauke Dukung Destinasi Wisata Bahari Lampu Satu dan Payum

Sinergitas.id – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Merauke siap mendukung destinasi wisata bahari di pantai Lampu Satu dan pantai Payum, Merauke, Papua. Kapolres Merauke, AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum kepada Sinergitas.id menuturkan, wisata bahari dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, nelayan dan masyarakat pesisir pantai.

“Saya lihat alamnya (pantai, red) sudah 75 persen bagus. Ketika orang bilang kondisi airnya jelek, mereka keliru. Air itu bagus dan buktinya banyak ikan ditangkap. Hanya tata kelola air harus bagaimana itu nanti kita bekerjasama dengan pemda untuk membuat air jauh lebih indah,” ungkapnya di Merauke, Minggu (21/3/2021).

Untuk memburu terwujudnya wisata bahari, AKBP Untung Sangaji telah menyiapkan perangkat pendukung alat khusus dan mendatangkan 3 armada jetski 1.800 cc miliknya ke Merauke.

“Satu jetski sudah dicoba olah gerak di lampu satu sampai rusak dan sudah saya perbaiki, jadi lagi. Meski pendinginnya masih terganggu karena tersumbat lumpur. Dengan demikian, kita tahu area mana yang bisa dilewati dan tidak,” bebernya.

Menurut mantan Kapolres Aceh Utara ini, harus dibuat dermaga menjauh ke laut. Dari bibir pantai sekitar 150 meter. Disitu bisa digunakan meronda dan jalan-jalan oleh masyarakat.

Selain itu, akan dibangun bungalow untuk wisatawan yang ingin beristirahat di pantai. Lewat karcis yang mengalir dan menyediakan menu seperti pisang goreng, kerupuk, makanan khas daerah, dan lain-lain untuk tamu yang berkunjung tentu bisa menambah pundi-pundi ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan ini didukung oleh masyarakat dan budaya setempat. Karena masyarakat yang menikmati hasilnya, income akan bertambah. Sudah banyak yang bertanya kapan dimulai, kita sudah mulai. Hanya waktu kita untuk memasang alat-alat masih bersabar dulu. Kita harus lihat kondisi alam, iklim,” terang AKBP Untung Sangaji.

Dia menambahkan, wisata bahari juga menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua. Dimana jetski siap dimanfaatkan untuk mengamankan eksebisi paramotor maupun paralayang di Lampu Satu yang digagas oleh KASAU & Komandan Lanud Merauke Oktober 2021 mendatang. (Hidayatillah)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button